Laman

Minggu, 09 November 2014







PAHLAWAN, walau KESIANGAN

9 November 2014, di H-1 hari pahlawan ini gw akan membahas tentang pahlawan. Pas banget dah momennya. pas banget pas gw lagi nonton drama jepang "HERO" yang dibintangi sama aktor Jepang favorit. (Kimura Takuya)

Tapi gw g' akan membahas filmnya. Gw cuma mau sharing pengalaman gw  hari ini yang pas banget ada hubungannya sama tema Hero / pahlawan ini.
Dalam film2, kisah kepahlawanan sangat sering diangkat dalam cerita action movie dan film2 animasi amerika seperti marvel misalnya. dari kisah pahlawanan yang memiliki kekuatan supranatural, sampai tokoh khayalan hasil mutasi yang berjiwa pahlawan. Pada dasarnya semuanya mengangkat hal yang sama.. Pahlawan.
Seseeorang yang melindungi, menolong/ melakukan sesuatu untuk kepentingan orang lain.
tp namanya juga film. kebanyakan menggambarkan bahwasannya Pahlawan / Hero adalah julukan istimewa yang disematkan pada tokoh2 penting saja. Padahal pada kenyataannya -menurut gw- siapapun adalah hero.. kalaupun tidak buat orang lain. mungkin dia bisa menjadi hero bagi dirinya sendiri.. :D



Ok, langsung kecerita intinya..
Cerita dimulai pagi ini, dimana  gw ada jadwal berenang sama temen gw Immash. Tidak seperti biasa, kami harus berpindah kolam renang karena tempat biasa kita maen, lagi dipakai buat acara anak-anak. 

Tiba ditempat tujuan, tanpa ba-bi-bu kami langsung menceburkan diri ke kolam dan mulai berenang dengan gaya sekenanya...(maklum, baru beberapa kali latihan berenang). Setelah beberapa saat, kami yang sudah mulai bosan dan terganggu dengan suasana kolam yang semakin ramai, memberanikan diri untuk bergeser ke bagian kolam yang lebih dalam. Disitu, kami bergantian berenang, sehingga bisa saling mengawasi jika tiba-tiba kami yang masih anak bawang di "dunia air" ini panik dan terjadi hal buruk yang tidak diinginkan (PARNO, mode ON).

Kolam makin riuh oleh anak-anak yang bermain dgn sukacita. Tak nampak orang dewasa dikolam sebesar itu selain gw dan Immash. Berasa tua..ahaha. sempet pula terucap "kita kaya' baywatch, eh poolwatch ya..?!" -nyengir-

08.30
Immash yang harus pulang jam 9 pamit buat ganti baju. GW yang masih betah maen aer, enggan naik dan memutuskan untuk berenanhg 10 menit lagi.
Ditinggal Immash, aku merasa sepi... sendiri.. dalam keramaian... (nyanyi dalam pikiran :D)

Anak- anak makin ramai berlompatan..
aku diam mengamati
Mereka saling dorong iseng-isengan...
aku cuma senyum geleng-geleng..

Sampai suatu saat....pandanganku menemukan kejadian menarik..
Seorang bocah laki-laki terlihat asik bermain sendiri, berputar-putar dengan lincahnya, timbul-tenggelam disebrang ku.

Kuperhatikan beberapa saat, hingga kebiasaan burukku itu menghampiri. Imajinasi "liar" dalam otakku mulai bekerja. (Ah, kadang aku benci dengan pikiran dan khayalan gak pentingku ini !!!)

imajinasiku berkata :
"Itu adeknya iseng banget sih maen di kolam yang dalem.. tapi dia kok bisa ngambang2      gitu sih.. iri ah, gw yang udah gedhe gini aja masih belajar ngambang."
" Itu bocah kaya gw dulu deh, suka iseng maen pura-pura minta tolong kaya' mau   tenggelam gitu....trus ntar kalo ada yang ketipu trus nolongin pasti bakal disorakin sama temen-temennya...  ckckckck"

parrah.. pikiran gw parah pisan. dan sayangnya ga berhenti sampe disitu, bahkan makin menjadi..

"Itu anak pasti crew dari acara TV yang suka ngisengin orang deh"
"Ini kolam pasti udah dikelilingi sama puluhan kamera yang siap muncul kalo ada magsa   yang masuk peragkap deh."

Ah.. Tapi masa' iya. 

"Yaudah deh, gw samperin aja. lagian kasian juga tu adek capek kelamaan akting."
"Yaudah deh, gw deketin, ntar beneran tenggelam lagi.. (mulai panik)."

Trus gw samperin deh, tapi kok aneh ya..
Gak ada yang terjadi, beberapa kali gw senggol-senggol tu bocah gak ada reaksi. dia diem aja, gak mencoba meraih tangan/ kaki gw. dan yang sudah pasti juga.. gak ada tu kejadian kaya' bayangan gw tadi.. kalo bakalada kerumunan kameramen yang tiba-tiba dateng sambil teriak "Selamat! anda masuk SUP*R TR*P!" Ya Allah.. parah banget pikiran gw yak..:(

Nahlo..nahlo.. mulai panik gw. dengan kalut dan pikiran yang masih campur aduk, gw bertindak!Gw angkat badan bocah itu sampai kepalanya keluar dari air.Dan saat itulah "gambar" seram itu muncul di depan mata gw. Bocah itu terlihat dan terasa lemas tak berdaya ditanganku. 

Matanya merah terbuka..
mulutnya berbusa..

Ya Allah aku beneran PANIK.. nik..nik..nik..
Untung aja speechless itu g berlangsung lama. selang beberapa detik ketenanganku kembali, berganti teriakan khawatir yang membuncah kesegala arah. Beberapa detik tak ada yang menggubris.. maklum hanya ada anak-anak di kolam itu. Untung saja ada bocah perempuan melintas di tepi kolam dekat situ.
"Dek tolong ini.. tolong angkat! (aku bingung, dia apalagi..)
untunglah gadis itu akhirnya paham dan menarik bocah laki-laki tadi hingga ketepian kolam.

dia tergeletak dengan mulut berbusa dipinggir kolam.
gw terus teriak minta tolong hingga terdengar oleh sepsang suami istri diseberang kolam yang lalu berlari menghampiri kami.Tak lama kerumunan mulai terjadi.. tapi tak melihat ada tindakan nyata yang segera dilakukan pada bocah malang itu, gw langsung berlari (entah kemana) mencari petugas kolam, sambil scanning orang-orang yang mungkin bisa diandalkan dengan cepat.

-Ada seorang bapak lagi asik telfon dibawah pohon rindang ("Ah, pasti lami nih responnya.")
-Ada Ibu-ibu lagi ngobrol asik dikursi tunggu ("Ah, malah jadi ikutan panik nih ntar..")


Akhirnya karena tidak menemukan bantuan yang kuharapkan, gw balik aja ke TKP dengan pikiran "liar" gak penting gw yang masih aja menggelayuti disaat genting macam ini. :(

"Sedih banget adeknya g ada yang bisa nolong nih?"
"waduh, gmn ntar kalo gak tertolong.. ampun dah, gw bakal merasa bersalah seumur hidup nih. trus belum lagi bakal ada banyak polisi yang dateng, bakal ribet kan ni urusan.." (parah banget imajinasi gw.. masih sempat-sempatnya yak..)

Sampai di TKP, ternyata Alhamdulillah bocah itu sudah tersadar, masih menangis dengan terus terbatuk-batuk memuntahkan bergelas-gelas air dari mulutnya..
Seketika lega teras...
Syukurlah.. dia masih terselamatkan..
namun saat ditanya "mana orang tuanya, temennya mana?" gak ada satupun dari kerumunan orang itu yang menjawab..
Kasian sekali melihatnya..  kok bisa anak sekecil ini ditinggal bermain dikolam tanpa pengawasan..

Ia mulai baikan dan kerumunan orang-orangpun juga mulai berkurang. Saat itu Immash muncul dengan muka datar bertanya "ada apa sih?"
Hmm.. susah dijelaskan, kuceritakan aja sekenanya..

Yaudah deh, akhirnya aku berganti baju. Kemudian kami menuju pintu keluar dan terdengar celetukan.. "Ini tadi mbaknya yang nolongin.." 
gw hampiri dia, lalu gw tanya keadaan dan keberadaan bocah lelaki tadi..
"udah gak papa kok, itu dsana."
ku tengok sekilas, syukurlah ia sudah baikan, sudah berganti baju dan duduk berbincang dengan (mungkin) ayahnya.
Dan yang mengejutkan adalah. (mungkin) ayahnya itu adalah bapak-bapak yang tadi sedang asik telfon dibawah pohon.. ! Why on earth!.. ckckck.. Yasudahlah..

Intinya, pelajaran buat gw hari ini adalah...

Jangan berpikir yang tidak-tidak.
Jangan berpikir panjang saat akan menolong orang. Just do it!
Jangan ragu-ragu jadi PAHLAWAN walau mungkin KESIANGAN.!
Ada jiwa PAHLAWAN / HERO dalam diri kita semua, yang menunggu untuk dimanfaatkan. Yang menanti untuk mengalahkan pikiran-pikiran negatif yang tidak perlu.

Karena kesempatanmu jadi PAHLAWAN dapat berubah menjadi penyesalan bila terlewatkan!













Tidak ada komentar:

Posting Komentar